Sunday, January 28, 2018

SETTUP DASAR MIKROTIK RB951UI-2ND DAN WIRELESS HOTSPOT

HOTSPOT MIKROTIK




Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai setting dasar mikrotik RB951UI-2ND, bagi yang ingin mempelajari mikrotik tentu tidak terlepas dari bahan yang harus anda punya terlebih dahulu, karena dalam belajar jaringan komputer dengan mikrotik ini anda tidak bisa belajar tanpa adanya bahan yang akan digunakan untuk dieksekusi. bahannya sbg berikut.

1. Mikrotik RB951UI-2ND
2. Jaringan/Akses Internet Provider
3. Laptop/PC
4. Kabel LAN 1 Meter
5. Software Winbox download disini


Silahkan download terlebih dahulu software Winboxnya, setelah terdownload silahkan install seperti biasa pada Laptop/PC. 

Berikut penampakan MIKROTIK RB951UI-2ND.



Pertama-tama colokan adaptor mikrotik ke sumber arus listrik, lalu pada port 1 mikrotik dihubungkan ke router provider, untuk port 2 mikrotik dihubungkan ke Laptop/PC kita.


Buka software Winbox, sementara winbox login menggunakan MAC Adressess, lalu klik login.


Maka akan membuka tampilan awal mikrotik, lalu pilih " INTERFACES ", klik sekali " WLAN1 " lalu diatas menubar ada tanda centang yang artinya enable untuk mengaktifkan wifi pada perangkat mikrotik.


Setelah wifi sudah diaktifkan double klik lagi " WLAN1 " lalu klik tab " WIRELESS ", pada pilihan menu mode saya pilih " AP BRIDGE " karena saya punya akses point outdoor yang akan saya distribusikan pada mikrotik port 4 dan terhubung juga pada wifi internal mikrotik yang tadi kita aktifkan, band " 2Ghz-B/G/N ", ssid yaitu nama wifinya nanti apa terserah anda " HOTSPOTMIKROTIK " lalu klik " APPLY " dan " OK "


Kita buat bridge terlebih dahulu, klik " BRIDGE " pada sisi kiri, lalu pada tab " BRIDGE " klik icon " + ", pada tab General isikan " NAME " menjadi " BRIDGE1-HOTSPOT " lalu klik " APPLY " dan  " OK ".


Pindah pada tab " PORTS ", klik icon " + " lalu pada tab General " INTERFACES " isikan " ethernet4 " lalu " APPLY " dan " OK ". langi sekali lagi namun pada " INTERFACES " isikan " wlan1 ".


Sekarang kita atur addressess untuk port 1 dan 4, kenapa tidak port 2 pada gambar diatas,,,? karena port 2 hanya untuk penghubung membuka software winbox saja, karena yang kita gunakan untuk mendistribusikan Hotspot adalah wireless bawaan dari mikrotik dan port 4 saja.

Klik icon " + " pada menu, pada addresses diisikan sesuai format IP pada router provider, contoh router provider saya adalah 192.168.1.1 dan strusnya,. jadi untuk " ADDRESSESS " saya isikan " 192.168.1.2/24 ", " INTERFACES " isikan " ethernet1 " karena sumber internet ada pada ethernet1. Lalu ulangi sekali lagi namun pada " ADDRESSESS " saya isikan " 192.168.10.1/24 ", " INTERFACES " isikan " BRIDGE1-HOTSPOT " kenapa kita pilih BRIDGE1-HOTSPOT bukan port 4, karena kita tadi sudah membuat Bridge/mengelompokan port 4 dan wlan1 menjadi BRIDGE1-HOTSPOT


Sekarang kita atur DNS, pada kolom " SERVER " isikan DNS public yaitu " 8.8.8.8 ", " centang " allow remote request ", klik " APPLY " dan " OK ".


Sekarang kita atur FIREWALL, pada tab " NAT " pilih icon " + " maka akan muncul endela baru. pada " OUT. INTERFFACES " pilih sumber internet yaitu " ethernet1 " lalu pindah pada tab " ACTION " src.nat ganti menjadi " MASQUERADE ". lalu pilih " APPLY " dan " OK ".


Sekarang kita atur ROUTES, Pada tab " ROUTES " klik icon " + " lalu muncul tampilan baru, pada tab " GENERAL ". kolom " GATEWAY " diisikan IP router provider kita yaitu 192.168.1.1.


Inilah yang kita nanti-nantikan untuk membuat hotspot setelah klk menu hotspot maka akan muncul tampilan baru, pada tab " SERVER " klik  " HOTSPOT SETUP ", maka akan muncul dialog kecil, pada " HOTSPOT INTERFACES " pilih menjadi " BRIDGE1-HOTSPOT " lalu  " NEXT "

Local Address of network otomatis mendeteksi IP Gateway mikrotik yang sudah kita buat sebelumnya, jangan lupa centang " MASQUERADE NETWORK " lalu " NEXT ".

Pada Addressess Pool saya mulai dari 192.168.10.3, setingan awalnya adalah 192.168.10.2, saya ganti belakangnya 3 karena pada port 4 nanti saya pasang akses point outdoor, jadi ip 192.168.10.2 itu untuk ip akses point outdoor. lalu klik " NEXT ".

Pada Sertifikat SSL langsung " NEXT " saja.

pada SMTP Server untuk email kita langsung  " NEXT " saja.

Pada DNS Server defaultnya sudah ada yaitu 8.8.8.8 kita tambahkan baru dengan klik panah kecil kebawah isikan 192.168.10.1 lalu pilih " NEXT ".

Pada DNS Name untuk membuka halaman login page mikrotik sebagai contoh isikan " hotspot.mikrotik.id " lalu pilih " NEXT ".

Pada User kita buat default dahulu yaitu user : admin dan password : admin, lalu pilih " NEXT "

pilih " OK "

Lepaskan kabel lan yang menancap pada laptop, lalu laptop hubungkan ke wifi yang kita buat, silahkan anda login menggunakan user : admin pass: admin ,,

* saya belum memasang akses point outdoor pada port 4 pada mikrotik, jika saya pasang jangkauan akan lebih luas.



" TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT UNTUK KALIAN SEMUA TERUTAMA UNTUK DIRI SAYA SENDIRI "

No comments:

Post a Comment