Sunday, January 21, 2018

MERUBAH HARDISK GPT KE MBR TANPA MENGHAPUS FILE

CARA MERUBAH HARDISK FORMAT GPT KE MBR TANPA MENGHAPUS DATA



Apakah anda pernah mengalami masalah pada gambar diatas,,,??? masalah diatas adalah format windows 8, 8.1, dan 10 menggunakan format hardisk GPT, namun masalah yang kita bicarakan ini adalah ketika ingin mendowngrade windows menjadi windows 7, windows 7 ini menggunakan format MBR, bagaimana cara merubah GPT ke MBR tanpa menghapus data. Simak berikut langkahnya....

Siapkan bahan yang dibutuhkan :
1. Partition Magic Boot
2. Usb Flash disk kapasitas 4 gb berisi boot partition
3. Usb Flash disk kapasitas 8 gb berisi windows
3. Software Rufus


Download Partition Magic Boot disini
Download Software Rufus disini


Colokan flash disk ke port laptop/pc, setelah itu buka software rufus, pastikan rufus mendeteksi flash disk, hingga tampilan seperti berikut:


Pada " create a bootable disk using " diganti pilihannya menjadi " ISO Image ", lalu pilih icon " floopy " pada no 2 gambar dibawah. Lalu cari file " Bootable Partition Magic " yang telah didownload tadi


Setelah file sudah di ketemu, silahkan open, lalu mulai untuk membuat " Bootable Partitio Magic " dengan cara klik " start ", lalu muncul meminta format pilih " OK '.

**INGAT SETELAH START MULAI UNTUK MEMBUAT BOOTABLE FLASHDISK ANDA AKAN DIFORMAT, PASTIKAN TIDAK ADA DATA PENTING DALAM FLASHDISK ANDA/KOSONG.


Tunggu beberapa saat, biarkan Laptop/PC membuat Bootable dengan sendirinya.


Jika sudah selesai maka tamilan akan tampak seperti gambar dibawah ini, lalu " USB Bootable Partition Magic " siap digunakan.


Langkah senalnjutnya adalah setting bios PC?Laptop dengnan menempatkan " USB FLASHDISK " sebagai urutan pertama. Cara ada masing-masing perangkat berbeda disini saya memakai Laptop HP.






Setelah " USB FLASHDISK " di set menjadi urutan pertama maka Laptop/PC aka restart lalu tekan " enter ", pilih " minitool partition wizard boot disk 9 " tekan " Enter ".



Tunggu beberapa saat, hingga muncul tampilan baru, alu perhatikan kotak merah no 1 pada gambar pastikan format GPT, pilih disk mana yang ingin dirubah formatnya, setelah memlih disk yang ingin dirubah pilih no 2 yaitu ' Convert MBR Disk to GPT Disk " lalu pilih no 3 yaitu " Apply " tunggu beberapa saat biarkan disk sedang mengconvert disk, setelah itu pilih " OK "

setelah itu matikan laptop secara manual dengan cara menekan tombol power ditahan beberapa detik hingga laptop mati baru lepas tombol power, kemudian colokan " Usb Flash Disk " yang berisi windows 7 lalu hidupkan kembali Laptop/PC.

seperti biasa ubah dahulu pada boot awal urutan " Flashdisk " menjadi yang pertama, lalu restart Laptop/PC, selanjutnya instal ulang windows 7 seperti biasa tanpa adanya gangguan karena format hardisk GPT. 


" TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT UNTUK KALIAN SEMUA TERUTAMA UNTUK DIRI SAYA SENDIRI "


No comments:

Post a Comment