Sunday, November 19, 2017

FUNGSI RUMUS EXCEL DAN FILE SOAL LATIHAN

FUNGSI RUMUS EXCEL



Jika baru menggunakan Excel, Anda akan segera menyadari bahwa Excel bukanlah sekadar kisi untuk memasukkan angka dalam kolom atau baris saja. Ya, Excel tak hanya dapat digunakan untuk menemukan total atas kolom atau baris berisi angka, namun juga dapat digunakan untuk menghitung pembayaran hipotek, memecahkan permasalahan matematika dan teknik, atau menemukan pemecahan masalah terbaik berdasarkan jumlah variabel yang dimasukkan.
Excel melakukannya menggunakan rumus dalam sel. Rumus melakukan penghitungan atau tindakan lainnya pada data dalam lembar kerja. Rumus selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=), yang dapat diikuti dengan angka, operator matematika (seperti + atau - untuk penambahan atau pengurangan), dan fungsi Excel bawaan untuk mengoptimalkan rumus.
Misalnya, rumus berikut mengalikan 2 dengan 3 lalu menambahkan 5 ke hasil perkalian tersebut sehingga menghasilkan jawaban, 11.
=2*3+5
Ini ada beberapa contoh tambahan yang bisa Anda masukkan dalam lembar kerja.
  • =A1+A2+A3    Menambahkan nilai di sel A1, A2, dan A3.
  • =SUM(A1:A10)    Menggunakan fungsi SUM untuk mengembalikan jumlah nilai dalam A1 hingga A10.
  • =TODAY()    Mengembalikan tanggal saat ini.
  • =UPPER("halo")     Mengonversi teks "halo" menjadi "HALO" dengan menggunakan fungsi UPPER.
  • =IF(A1>0)    Menggunakan fungsi IF untuk menguji sel A1 guna menentukan jika sel berisi nilai lebih besar dari 0.
Saya mempunyai soal latihan dan contoh EXCEL untuk dipelajari, jika anda ingin mendownloadnya silahkan klik link berikut dibawah ini :


cara mendownloadnya adalah 
1. klik icon download diatas
2. lalu akan membuka tab baru menuju link zippyshare
3. setelah itu klik DOWNLOAD NOW disebelah kanan atas

file ini beberapa bagian yang terpisah menurut fungsinya masing-masing, jadi yang tersedi dari rumus yang anda download sangat banyak sekali, tinggal merubah/edit isi dari file tsb dah lihat hasilnya sambil mempelajari rumus-rumus.

semoga bermanfaat dan terimakasih

2 comments: