Monday, November 13, 2017

MODUL PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER MODUL 1

SISTEM KOMPUTER



Sebelum memahami tentang sistem komputer maka pahami terlebih dahulu yang dimaksud dengan sistem dan Komputer.

Sistem berasal dari bahasa Latin systēma atau bahasa Yunani sustēma yang berarti suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.

Menurut Henry Prat Fairchild dan Eric kohler, Sistem adalah sebuah rangkaian yang saling terkait antara beberapa bagian dari yang terkecil, jika suatu bagian/sub bagian terganggu, maka bagian yang lainnya ikut merasakan ketergangguan tersebut.

Sedangkan Istilah Komputer mempunyai pengertian yang luas dan berbeda untuk setiap ahli. Istilah Komputer diambil dari bahasa latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Menurut Sanders (1985) komputer adalah sistem elektronik untuk mengolah data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang tersimpan didalam memori. Maka bisa diambil kesimpulan dari pendapat kedua ahli tersebut. Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan serta bekerja secara otomatis.

perkembangan teknologi komputer saat ini begitu pesat, komputer tidak lagi hanya berperan sebagai mesin hitung tetapi sudah mempunyai berbagai macam fungsi untuk mempermudah dan membantu kerja manusia. Saat ini komputer memiliki komputer yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa. Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu data (input), pengolahan data (proses), dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer diistilahkan sebagai Pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan gejala dari suatu fakta, dapat berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol khusus atau gabungan dari ketiganya. Pengolahan data merupakan suatu proses merubah data kedalam bentuk yang lebih bermakna atau berguna. Maka hasil proses data disebut dengan informasi. PDE adalah proses manipulasi data menjadi informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.

Gambar 1.1. Skema Dasar Komputer

Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dariperangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer. Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Tujuan utama dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi dengan dukungan elemen perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan orang (brainware).
Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dariperangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer. Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Tujuan utama dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi dengan dukungan elemen perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan orang (brainware).

Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Komputer terdiri dari 3 komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu:

1. Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari: Input/Output Device (I/O Device), Storage Device (perangkat penyimpanan), Monitor /Screen, Casing Unit, Central Procesing Unit (CPU).



Input device merupakan alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Mouse, keyboard, joystick merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan, sehingga alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.

Output device merupakan hasil dari pemrosesan yang dapat terdiri tulisan, image, suara dan bentuk lainnya yang dapat dibaca oleh mesin. Beberapa contoh output device antara lain adalah, monitor, speaker, printer, LCD Projector dll.
CPU ( Central Processing Unit) merupakan tempat mengelola dan memproses instruksi program. Di dalam CPU terdapat 3 bagian utama yang akan mengontrol kegiatan kegiatan sistem komputer yaitu unit kendali (control unit), dan Arithmatic Logical Unit (ALU), dan internal memory.yaitu :
• Unit Kendali (Control Unit)
Control Unit adalah bagian CPU yang bertugas mengatur dan mengendalikan semua proses yang dilakukan oleh komputer sesuai dengan program atau instruksi yang diberikan kepadanya.

• Arithmatic Logical Unit (ALU)
ALU bertugas melakukan perhitungan-perhitungan dan perbandingan perbandingan, baik logika maupun aritmatika yang dibutuhkan dalam suatu proses kerja di dalam komputer.

• Internal Memory adalah tempat penyimpanan data atau program yang sedang diproses oleh komputer. Penyimpanan data di internal memory ini bersifat sementara, artinya bila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang.
Memori terbagi menjadi 2 macam yaitu :
a. RAM (Random Access Memory)
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM yang dapat diakses secara acak (dapat diisi, ditulis, diambil atau dihapus isinya) oleh pemrogram. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, PCMCIA card dan lain-lain.

b. ROM (Read Only Memory)
ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrograman tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur kontrol tertentu. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.

2. Software (perangkat lunak), merupakan program yang berisi perintah perintah untuk melakukan proses tertentu. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu: Sistem Operasi, Program Utility, Program Aplikasi, Program Paket, Bahasa Pemrograman.



3. Brainware (User), adalah personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti sistem analis, programmer, operator, user, dll.


Ada beberapa tingkatan dari brainware yaitu :
1. System Analyst : Adalah seseorang Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan computer, Seorang analis harus mempunyai kemampuan lebih di bidang Analisis, Teknis, Manajerial, Interpersonal.

2. Programmer : Adalah Seorang yang mempunyai kemampuan di bidang bahasa pemrograman seperti java, c++, Html, Delphi dll yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang.

3. Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer, Brainware operator memiliki banyak tanggung jawab yang harus dia jaga seperti Mencegah badword ( kata-kata kasar atau pun jorok/ tidak sopan ), Mencegah flaming/kata-kata yg bisa memancing terjadinya provokasi antar user.

4. Operator : Adalah brainware level terendah yaitu Pengguna biasa, hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada untuk di manfaatkan mengolah kata dan angka ataupun melakukan aktivitas (Pekerjaan) lainya.

Berdasarkan Data yang Diolah
Banyak data yang diolah oleh komputer mulai dari gambar, suara angka, huruf, simbol ataupun yang lainnya. Oleh karena itu tidak semua komputer bisa mengolah seluruh data yang ada. Berdasarkan data masukan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi 3 yaitu :
1. Komputer Analog
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif, seperti misalnya keadaan suhu, ketinggian maupun kecepatan. Komputer analog biasanya digunakan di pabrik yang bertujuan untuk mengontrol atau menghasilkan suatu produk. Contoh : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU.

2. Komputer Digital
Merupakan suatu jenis komputer yang biasa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif yang biasa kita gunakan. Data dari komputer digital biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu seperti simbol alphabetis maunpun simbol numerik.

3. Komputer Hibrid
Merupakan komputer yang biasa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif mapun kualitatif. Komputer hybrid merupakan gabungan dari komputer analog dan komputer digital. Contoh: Komputer dalam bidang kedokteran untuk memeriksa dan menganalisa keadaan tubuh dari pasien.

Berdasarkan ukuran
Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. Komputer mikro
Komputer kecil yang dapat diletakkan di atas meja kerja atau mudah dipindahkan, contoh : Laptop, Notebook, PC, Netbook Palmtop, PDA, dll.


2. Komputer Mini
Mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibandingkan dengan personal komputer. Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user), contoh : IBM AS-400.

3. Komputer Mainframe
Komputer Mainframe mempunyai processor yang lebih dari satu, hal inilah yang membedakan dengan komputer mini, sehingga dari segi kecepatan proses komputer mainframe jauh lebih cepat dibandingkan dengan komputer mini.

4. Super Komputer
Ciri khas dari super komputer adalah kecepatan proses dan kemampuan dalam menyimpan data yang sangat tinggi yang jauh melebihi dibandingkan dengan komputer mainframe. Penggunaan super komputer biasanya digunakan di negara-negara yang sudah maju dan perusahaan yang sangat besar misalnya dalam industri pesawat terbang.

*bahan dasar ini adalah kuliah untuk semester 1 teknik informatika

No comments:

Post a Comment