Wednesday, November 22, 2017

MENGAKTIFKAN MACRO PADA OFFICE 2016

MENGAKTIFKAN MACRO PADA MS OFFICE EXCEL



Macro adalah sebuah sistem input otomatis yang merekam jejak Keyboard dan mouse. Macro biasanya digunakan untuk menggantikan rangkaian berulang tindakan mouse dan keyboard yang umum digunakan pada aplikasi-aplikasi yang saya sebutkan di atas. Ekstensi file dari Macro umumnya .mac. Konsep macro populer juga di kalangan Gamer MMORPG (Massively Multiplayer Online game Role-Playing) dan spesialis Search Engine Optimization (SEO).
Dengan menggunakan Macro, pengguna dapat meringkas waktu pekerjaan yang biasa dikonsumsi untuk pekerjaan yang sama. Beberapa Macro seperti yang ada di Microsoft Excel juga mengandung Fungsi. Macro di Microsoft Excel dengan merekam jejak Mouse dan keyboard dengan menggunakan Macro Recorder, hasil rekaman macro akan tersimpan di Visual basic yang terdiri dari kode-kode. Kode-kode tersebut bisa disimpan di notepad, dan dijalankan kembali di lain waktu dengan menggunakan Macro dan VBA. Sebuah macro dapat dijalankan dengan hanya mengklik sebuah menu sebuah program, atau bisa juga dengan menggunakan Shortcut untuk menjalankan macro itu.


Berikut adalah cara mengaktifkan macro pada ms office excel

Buka MS Office Excel 2016 anda


lalu pilih menu "File", lalu pilih "Option"


Maka akan muncul jendela baru, cari dan pilih "Trust Center", dan disebelah kanan pilih "Trust Center Setting"


Tampil jendela baru, lalu pilih "Macro Setting", pada macro setting pilih " Enable All Macros (Not Recomended; Potentially Dangerous Code Can Run", pada developer macro setting ceklis " Trust Access to the VBA project obkect model, lalu pilih "OK"








No comments:

Post a Comment